Kiat agar Tanggal Muda Terasa Panjang

“Masih tanggal muda nih, besok belanja lagi, yuk!” Mungkin itulah salah satu hal yang kerap dikatakan para pekerja ketika gong tanggal muda digaungkan. Makan di kafe atau restoran mahal, hingga belanja berbagai barang idaman usai gajian pun sudah menjadi hal yang lumrah, bukan? Bisa jadi kamu akan menjawab, “Ya, mumpung masih tanggal muda…”

Istilah tanggal muda dan tanggal tua memang sudah nggak asing lagi di telinga kita. Namun, seharusnya kamu jangan terlena di tanggal muda. Tanpa disadari, nantinya kamu bisa sengsara saat memasuki tanggal tua. Miris ya, kalau gaji yang didapatkan susah payah dalam sebulan cuma numpang lewat karena kamu kurang bijak dalam mengelola keuangan.

Hilangkan “sengsara di tanggal tua” dari kalendermu! Nah, supaya kamu bisa merdeka dari masalah finansial dan merasakan tanggal muda yang lebih panjang, sebaiknya baca dulu kiat berikut ini:

1. Mengendalikan Diri Namun Tetap Menikmati Hidup

Mengendalikan diri bukan berarti nggak boleh menikmati penghasilanmu sama sekali, lho. Selagi muda, tentu kamu tetap bisa menikmati hidup dengan membeli barang-barang yang diinginkan. Namun, jangan menuruti semua keinginanmu, apalagi untuk foya-foya dan belanja banyak barang yang nggak diperlukan. Ingatlah bahwa banyak kebutuhan yang lebih penting, sehingga kamu pun bebas dari yang namanya sengsara di tanggal tua.

2. Buat Target Pengeluaran Mingguan/Bulanan

Catatlah apa saja target pengeluaran untuk segala kebutuhan penting yang harus kamu penuhi setiap bulan. Mengatur anggaran mingguan atau bulanan merupakan cara tepat untuk menghindari perilaku konsumtif, lho. Bawalah uang yang besarnya sesuai dengan kebutuhan selama seminggu. Jadi, kamu nggak perlu bolak-balik ambil uang di ATM dan pastinya lebih hemat!

3. Hindari Menunda Bayar Tagihan dan Cicilan

Segera bayar hutang dan cicilan kalau mau hidupmu jadi lebih mudah! Dengan begitu, biaya kebutuhanmu tidak akan terganggu oleh beban finansial lainnya. Membayar tagihan atau cicilan tepat waktu tentu bikin kamu lebih tenang dan terorganisir saat mengatur pengeluaran dalam sebulan.

4. Sisihkan Gaji untuk Investasi

Sisihkan setidaknya 10% dari gaji kamu untuk berinvestasi. Selain menabung, investasi juga merupakan cara jitu untuk mengamankan kondisi finansialmu. Akan tetapi, masih banyak anak muda yang belum tahu pentingnya investasi. Dengan mulai investasi, kamu jadi punya dana cadangan di saat yang nggak terduga.

Nggak cuma empat hal di atas yang perlu kamu perhatikan, niat dan konsistensi juga merupakan kunci sukses agar tanggal muda terasa lebih panjang. Selamat tinggal tanggal tua!

About admin

Check Also

Jika ada Sisa Uang, Dihabiskan atau Ditabung

Jika ada Sisa Uang, Dihabiskan atau Ditabung? Nggak terasa penghujung tahun sudah semakin dekat. Baru …