Investasi Kurang Berhasil Hindari Kesalahan-kesalahan Ini.

Investasi Kurang Berhasil? Hindari Kesalahan-kesalahan Ini.

Investasi, bagi kalangan anak muda masih menjadi hal yang baru dan bahkan mungkin belum dikenal sama sekali. Bila ada yang pernah investasi reksadana sebelumnya, sebagian mereka tidak melakukan dalam waktu lama karena merasa investasi yang dilakukan tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Investasi pada dasarnya dimulai dengan rencana, memiliki tujuan yang jelas dan dilakukan dalam rentang waktu tertentu yang relatif lama. Bila dilakukan dengan baik, besar peluang siapapun akan mendapat hasilnya.

Agar bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan dalam berinvestasi, hindari beberapa kesalahan yang umum terjadi berikut ini:

Ingin Cepat Kaya
Perlu diingat, kamu sedang menjadi investor, bukan trader. Trader akan segera menjual ketika harga naik karena ingin mendapat keuntungan dalam waktu cepat, dan biasanya lebih cepat lagi menjual bila harga turun karena takut kerugian.

Berinvestasi setelah mempelajari terlebih dahulu atau dibantu oleh Manajer Investasi akan membuat kamu tau dalam jangka panjang, kecenderungan harga adalah naik dan memberi keuntungan.

Menunda atau Tidak Konsisten
Penundaan selalu menjadi musuh besar bagi banyak orang. Karena masa pensiun masih jauh, investasi untuk hari tua sering diabaikan.
Selain itu, tidak konsisten berinvestasi juga menjadi faktor yang membuat pertumbuhan imbal hasil investasi kamu tidak terlalu baik.

Bulan ini berinvestasi, bulan depan karena suatu hal ditunda-tunda, akhirnya sampai berganti bulan tidak juga menambah investasi yang ada.

Terlalu Cepat Mencairkan
Terlalu cepat puas dengan keuntungan jangka pendek adalah salah satu penggoda bagi investor. Mumpung lagi naik, cepat jual. Jangan-jangan besok turun. Bagaimana kalau besok naik lagi?

Tetaplah pada rencana awal investasi. Tidak perlu setiap hari kamu memperhatikan fluktuasi nilai reksadana karena turun-naik itu normal. Ingat saja, trend jangka panjang relatif naik, jangan sekali-kali melupakan rencana awal investasi karena ingin keuntungan cepat atau karena kekhawatiran berlebihan akan rugi karena harga turun.
Bukan kah sebagai pemula, wajar kalau kita melakukan kesalahan-kesalahan tersebut?

YA, tetapi kamu bisa menghindarinya sejak awal.
Bila kamu mau terus berkomitmen pada rencana awal investasi untuk masa depan dan terus belajar, kemungkinan kamu terjebak kesalahan seperti itu menjadi jauh lebih kecil. Dan tentunya, kamu bisa berkomunikasi dengan Manajer Investasi akan membantu kamu untuk tetap berada dalam koridor investasi yang baik.

About admin

Check Also

Kiat Agar Hobi bisa Menjadi Bermanfaat

Tiap-tiap orang pasti punya hobinya masing-masing. Tapi hobi itu apa sih? Secara sederhana, hobi dapat …